Aerodrome (Bandar udara) 
suatu daerah yang ditentukan di daratan atau di perairan, termasuk gedung-gedung (bangunan), instalasi, dan peralatan yang dipergunakan sebagian atau keseluruhan untuk keberangkatan, kedatangan, serta pergerakan pesawat udara.

Runway (landasan pacu)
Suatu daerah persegi empat panjang di daratan yang telah dipilih dan disediakan untuk pendaratan dan pemberangkatan pesawat terbang sepanjang sisi panjangnya.

Apron
suatu daerah yang di tentukan pada sebuah bandar udara untuk keperluan penempatan pesawat udara, menaikkan dan menurunkan penumpang, memuat dan membongkar barang, pengisian bahan bakar (refueling), dan perawatan kecil pesawat udara.

Aerodrome elevation (Elevasi Bandar Udara)
Ketinggian suatu titik tertinggi di daerah pendaratan dihitung dari permukaan air laut

Movement area
Bagian dari pada aerodrome yang di pergunakan untuk take-off, landing, dan untuk pergerakan pesawat udara. Yaitu : Runway, Apron, dan Taxiway.

Maneuvering area
Bagian dari Bandar Udara yang di pergunakan untuk take-off dan landing pesawat udara dan untuk pergerakan-pergerakan pesawat udara yang berhubungan dengan take-off dan landing, tetapi tidak termasuk apron.

Taxiway
Suatu jalur yang sudah ditentukan dan dipersiapkan untuk pesawat udara yang keluar-masuk ke Runway.

Stopway
suatu daerah di ujung runway yang berbentuk persegi empat panjang, dipersiapkan sebagai daerah yang dapat dipergunakan sewaktu-waktu oleh pesawat udara apabila pesawat udara mengalami kegagalan pada saat take-off.

Clearway
suatu daerah persegi empat panjang di atas daratan atau di atas perairan di bawah pengawasan yang berwenang,ditentukan dan dipersiapkan sebagai daerah yang dapat dipergunakan oleh pesawat udara untuk melakukan sebagian initial climb menuju ketinggian tertentu.

Shoulder
Suatu daerah yang berbatasan langsung dengan kanan-kiri runway, umumnya ditanami rumput dan bebas dari rintangan-rintangan yang membahayakan, yang dipergunakan untuk menampung kemungkinan adannya pesawat yang keluar jalur landasan secara tidak disengaja.

Threshold
Awal daripada runway yang dipergunakan untuk landing pesawat udara.
Displaced threshold
threshold yang dipindahkan, misal dikarenakan:
  -Kerusakan runway
  -Adanya obstacle 

Holding Bay (position)
Suatu daerah dimana pesawat dapat menunggu atau untuk memberikan jalan kepada pesawat lain (dilewati pesawat lain), guna terselenggaranya kelancaran lalu lintas di darat.

Aerodrome Reference Point
Suatu titik di bandar udara yang menentukan letak geografis suatu aerodrome(bandar udara).
Dinyatakan dengan derajat lintang (latitude) dan derajat bujur (longitude).
 
Share